Konsultasi pasang iklan
Mau pasang Iklan

Kami menyediakan baby sitter

Trampil , siap kerja untuk Bayi , Balita dan perawat

Hub. Yayasan Citra Sari Mandiri

Ibu Sari : 021.7115.9567 - 021.9826.3275

Daerah Meruya - Bisa antar
Dicari Supervisor - Karyawan TOKO pria - wanita
Tang City dan Taman Palem dan Poris
Telp . 021.9140.9440

LOWONGAN KASIR - WAITER - TUKANG MASAK
WANITA
0817.9108.005
..<< Keluarga Sehat >>..

Tuesday 17 March 2009

Teknik Menghafal

Teknik MenghafalPikun Hanyalah Penghakiman Diri, YOGYAKARTA, JUMAT - Banyak orang berumur 40 tahun sudah merasa mulai pikun akibat sering lupa. Sebenarnya mereka tak pikun, melainkan hanya tak pernah memberi kesempatan otak kanan untuk berkembang. Merasa pikun lebih tepat sebagai bentuk penghakiman diri yang tak perlu.

Hal itu disampaikan Irwan Widiatmoko dalam Seminar Super Great Memory di Jogja Expo Center (JEC), Jumat (30/5). Acara tersebut adalah salah satu acara dalam Kompas Gramedia Fair (KGF) 2008.

Menurut Irwan, orang yang sudah mengaku pikun walau usianya muda, dipastikan sejak kecil amat jarang melatih otak kanan. Mereka lebih banyak memacu otak kiri untuk menyelesaikan mas alah. Itu memang tidak salah, tapi juga sangat disayangkan.

"Tuhan memberi manusia otak kanan, ya dimanfaatkan dong. Otak kanan ini berfungsi untuk menggali imajinasi-imajinasi, yang akan membuat otak nyaman berpikir sekaligus kita tidak merasa terbebani," kata Irwan yang juga pemegang rekor MURI untuk daya ingat.

Untuk membuat otak kanan bekerja, lanjut dia, ada metodenya. Salah satu metode itu adalah berlatih menghapal. Irwan mengemukakan bahwa manusia, paling hanya bisa mengingat cepat-dari melihat sampai mengatakan ulang- hanya untuk 10 benda.

"Misalnya kita harus menghapal 10 benda secara berurutan, yakni, bola, candi, pena, radio, sepatu, peniti, dasi, gedung, tape, lantai. Susah kalau menghapalnya kata demi kata. Untuk mempermudah, diperlukan metode, yakni merangkai cerita," katanya.

"Jalinan cerita itu adalah, pertama, ada orang menendang bola. Lalu, bola itu kena candi. Dari candi lantas keluar pena. Penanya kemudian nancap ke radio. Dari radio keluar bunyi sepatu. Terus, sepatu itu banyak ditancapi peniti. Berikutnya menancap ke dasi. Dasi dipakai untuk membersihkan gedung. Sudah bersih, santai sambil mendengarkan tape dan duduk di lantai," ucapnya.

source : Kompas.com

No comments:

Join My Community at MyBloglog! Sexual Health Blogs - Blog Catalog Blog Directory Digg!

Powered by FeedBurner

Custom Search

Topic Lainnya :

Info HandPhone | Price List